RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 1
I. Identitas
Nama Guru :
NUPTK :
NIP :
Nama Sekolah : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)
Kelas / Semester: IV (Empat) / 1 (Satu)
Tahun Pelajaran : 20 / 20
Waktu : 10 jam pelajaran (5 x pertemuan)
II. Standar Kompetensi
1. Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa dilingkungan kabupaten/kota dan provinsi
III. Kompetensi Dasar
1.1 Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten/kota. Provinsi) dengan menggunakan skala sederhana.
IV. Indikator
1.1.1 Menggambar peta kabupaten/kota, privinsi dengan menggunakan simbol dan tema tertentu
1.1.2 Menghitung jarak tempat dengan menggunakan skala peta.
1.1.3 Memperbesar dan memperkecil peta dengan bantuan garis-garis koordinat
V. Materi pokok
- Lingkungan setempat
VI. Langkah-langkah pembelajaran
A. Pertemuan ke – 1 (2 x 35 menit)
Hari / Tanggal :
1. Kegiatan Awal
- Siswa mengamati gambar peta dan menjawab pertanyaan guru tentang peta
2. Kegiatan Inti
- Menjelaskan pengertian peta dan atlas
- Menjelaskan macam-macam peta beserta kegunaannya
- Menyebutkan jenis-jenis peta khusus
- Penyelesaian tugas secara individu
3. Kegiatan Akhir
- Pembahasan hasil kerja siswa
- Penetapan isi materi
- Pemberian tugas rumah
B. Pertemuan ke – 2, 3 (4 x 35 menit)
Hari / Tanggal :
1. Kegiatan Awal
- Siswa melaporkan tugas rumah kepada guru
2. Kegiatan Inti
- Menjelaskan komponen-komponen dalam peta
- Menjelaskan langkah-langkah menggambar peta
- Menjelaskan symbol-simbol yang terdapat pada peta
- Menyebutkan kegunaan skala peta
- Menjelaskan cara mencari luas peta sebenarnya menggunakan skala
- Penyelesaian tugas secara kelompok
3. Kegiatan Akhir
- Pembahasan hasil kerja kelompok
- Penetapan isi materi
C. Pertemuan ke – 4 (2 x 35 menit)
Hari / Tanggal :
1. Kegiatan Awal
- Tanya jawab tentang materi yang akan dibahas
2. Kegiatan Inti
- Menyebutkan langkah memperbesar dan memperkecil peta
- Menjelaskan warnan yang terdapat pada peta
- Penyelesaian tugas secara individu
3. Kegiatan Akhir
- Pembahasan hasil kerja sisaw
- Penetapan isi materi
D. Pertemuan ke – 5 (2 x 35 menit)
Hari / Tanggal :
1. Kegiatan Awal
- Petunjuk cara mengerjakan soal
2. Kegiatan Inti
- Mengerjakan soal-soal pada lembar uji kompetensi (menjawab pertanyaan secara individu)
3. Kegiatan Akhir
- Penarikan hasil uji kompetensi
- Pesan dari guru
VII. Penilaian
A. Pada pertemuan ke- 1 melalui pengamatan
- Menjelaskan pengertian peta
B, C Pada pertemuan ke- 2, 3 melalui pengamatan
- Menjelaskan komponen peta, symbol-simbol peta
D. Pada pertemuan ke- 4 melalui melalui portofolio
- Tagihan lembar kerja siswa
E. Pada pertemuan ke- 5 melalui tertulis/uji kompetensi
- Mengerjakan soal-soal
E. Sumber / Alat
- Buku IPS kelas IV yang relevan
- Buku penunjang.
Prambanan, ……………………
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas : IV
…………………………………………… ……………………………………………
.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus